Review Sunscreen Biore UV Aqua Rich Watery Essence


Perjalanan aku mencari sunscreen cantik belum terhenti, terutama setelah aku menetapkan untuk berkala berenang tiap minggunya. Sunscreen yang water-resistant menjadi salah satu tolak ukur yang saya cari alasannya mesti bisa melindungi kulit aku selama berenang setidaknya 30 menit. Soalnya aku mampu menghabiskan waktu 30 menit setiap kali berenang.





Produk sunscreen sendiri bantu-membantu bukanlah produk yang tengah hype tamat-akhir ini, namun lebih tepatnya produk yang ‘seharusnya telah dimengerti untuk digunakan setiap hari’. Makanya aneka macam skincare ethusiat, dematologi, dan para hebat yang mewanti-wanti penduduk untuk memakai sunscreen.





Luckily, sampai dikala ini sudah banyak produk sunscreen yang diproduksi dan dipasarkan untuk penduduk . Makanya akan mudah bagi kita untuk mendapatkan produk-produk tabir surya ini. Dari yang bentuknya lotion, spray sampai stick. Semuanya hadir dengan tujuan utama, melindungi kulit dari ancaman sinar UV.





Tentang Produk





eview biore aqua rich watery essence_tentang produk




Salah satu produk sunscreen yang banyak didengungkan tak hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara, adalah Biore UV Aqua Rich Water Essence. Produk ini sempat menggemparkan dunia skincare bertahun-tahun lalu, dan masih menduduki posisi khusus sebagai salah satu sunscreen terbaik yang pernah ada di Indonesia.





Biore UV ialah merk khusus sun protection dari Biore yang berisi produk-produk sunscreen. Di Jepang sendiri, produk-produk Biore UV sungguh digandrungi karena dianggap berkualitas. Produk pertama Biore UV sendiri diperkenalkan pada tahun 2015, dengan mengusung nama Aqua Rich Watery Essence dan Watery Gel yang memiliki tekstur dan concern sedikit berbeda, tetapi tetap dengan tujuan utama dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari,





Tahun 2017, Kao, perusahaan yang menaungi Biore, memperkenalkan produk Biore UV Aqua Rich dengan improved formulation dan pergeseran cukup drastis pada warna packaging-nya.





Karena nggak mau merasa puas dengan inovasi sebelumnya, tahun 2019 pun Kao kembali memperbaharui produk ini dengan pergantian pada formulasi, teknologi, dan sedikit pembaharuan pada desain kemasan. This product has been through a long journey, right?





Dari pembaharuan tersebut, tampak terperinci bahwa Kao nggak main-main dalam memformulasikan Biore UV Aqua Rich Watery Essence maupun Watery Gel. Bahkan Kao mengaku bila penelitian tentang sunscreen ini masih terus dikerjakan, dengan harapan mutu produk akan makin baik sehingga tunjangan yang disuguhkan pun optimal.





Saya sendiri berkesempatan untuk mereview varian Watery Essence dari Biore UV Aqua Rich yang mana diklaim bisa menghalangi kulit kering. Walau sebetulnya jenis kulit saya sendiri cenderung kombinasi berminyak. Tapi, nggak duduk perkara kok. Soalnya produk ini disebut-sebut works juga buat pemilik kulit berminyak.





Klaim dan Benefit





“Waterproof suncreen yang menunjukkan perlindungan lebih merata dengan Micro Defense Formula. Terasa ringan seperti air. Dengan SPF 50+/PA++++ -melindungi kulit muka dan tubuh dari efek buruk sinar UVA dan UVB"





Secara spesifik Biore menjabarkan enam faedah UV Aqua Rich Watery Essence sebagai berikut:





  • Mengandug water capsule. Mencegah kulit kering.
  • Mengandung hyaluronic acid, royal jelly extract dan materi pelembap
  • Water-proof type (dibuktikan dengan uji water resistance 80 menit), namun tetap gampang dibersihkan dengan sabun
  • Nggak mengandung pewarna aksesori
  • Formulasinya menangkal abses (telah diuji non-comedogenic)
  • Telah melalui uji alergi




Biore juga menyebutkan bahwa produk ini mampu membaur baik pada kulit, menunjukkan hasil transparan tanpa meninggalkan whitecast. Produk juga mampu dipakai selaku base makeup karena dapat membaur baik dengan foundation, dengan performa simpulan kompleksi yang silky.





Sayangnya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini masih mengandung fragrance yakni aroma white muguet atau terkenal disebut Lily of The Valley.





Cara Pemakaian





Untuk memakai sunscreen ini kau hanya perlu mengaplikasikan secukupnya secara merata di permukaan kulit. Tapi pastikan sunscreen nggak perihal langsung busana ya sebelum mengering. Kamu juga perlu mengaplikasikannya kembali setelah berkeringat untuk proteksi yang selalu maksimal.





Nah, kalau untuk membersihkannya, kau dapat memakai facial wash favoritmu untuk mengangkat sunscreen yang masih menempel di kulit.





Fun Fact





Tau nggak sih bila Biore UV Aqua Rich Water Essence ini belum dibuat langsung di Indonesia?





Kalau aku baca pribadi dari informasi bungkus, sunscreen ini ternyata eksklusif dibuat oleh pabrik Kao Corporation yang berada di Tokyo, Jepang. PT Kao Indonesia sendiri hanya berperan selaku agen.





Kaprikornus pada dasarnya, Biore UV Aqua Rich Water Essence yang aku pakai ini punya kualitas sama dengan produk yang dipakai orang-orang Jepang.





Kemasan





eview biore aqua rich watery essence_kemasan




Sunscreen Biore ini dikemas dalam wadah squeezable dari plastik yang kuat, ringan, dan lembut. Bagian cap ulir juga berbahan plastik, namun lebih kokoh dan berpengaruh dari bagian tubuh.





Untuk sunscreen ini, Biore pake grafis metalik berwarna biru langit begradasi untuk menghias tubuh produk. Warna yang outstanding sekaligus menyegarkan.





Ketika bab cap dibuka, kamu akan disambut dengan pointy nozzle yang nggak begitu dibentuk tajam, selaku lubang daerah produk keluar. Lubang pada nozzle juga nggak begitu besar ataupun terlalu kecil, jadi tiap produk dikeluarkan akan berjumlah cukup.





Ingredients List









Penting untuk tahu kandungan apa saja yang terkandung dalam produk suncreen. Hal ini untuk menunjukan perlindungan yang diklaim oleh brand wacana produk sunscreen tersebut.





Nah, untuk sunscreen fenomenal dari Biore ini, kira-kira mengandung materi apa saja ya dalam formulasinya? Yuk, kita kuak sendiri!





Full Ingredients





Water, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Triazone, Isopropyl Palmitate, Lauryl Methacrylate/​Sodium Methacrylate Crosspolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Hydrogenated Polyisobutene, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Dextrin Palmitate, Butylene Glycol, Xylitol, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Dimethicone, C12-15 Alkyl Benzoate, Glycerin, Propanediol, Glyceryl Stearate, Glyceryl Behenate, Vinyl Dimethicone/​Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Potassium Hydroxide, Cetyl Alcohol, Agar, Sorbitan Distearate, Isoceteth-20, Polyvinyl Alcohol, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Stearoyl Glutamic Acid, Arginine, Disodium EDTA, Fragrance, BHT, Sodium Hydroxide, Tocopherol, Royal Jelly Extract, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Methylparaben.





Key Ingredients





Satu hal yang paling aku suka dari sunscreen adalah ketika membicarakan uv filter di dalamnya. Dan bukan Cuma uv filter, karena kini sunscreen bertebaran dengan side benefit yang beragam, alhasil penting juga untuk tahu kandungan apa saja yang penting dan berperan dalam performa sunscreen ini.





  • UV Fiter




Kalau dlihat dari ingredients list, Biore UV Aqua Rich Water Essence ini punya lebih dari satu materi yang bersifat uv filter di dalamnya. Ada etylhexyl metoxycinnamate yang udah nggak asing lagi buat beauty junkies alasannya sering banget didapatkan dalam produk kosmetika, terus ada ethylhexyl triazone, diethyl hydroxybenzoyl hexyl benzoate dan bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine.





Ethyhexyl metoxycinnamate telah usang diandalkan dalam problem proteksi terhadap sinar UVB yang juga ditunjang oleh ethyhexyl triazone. Sementara dukungan kepada sinar UVA dipercayakan Biore pada diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate. So, sunscreen ini punya perlindungan baik kepada UVA maupun UVB.





Nah, satu bahan yang namanya paling panjang adalah bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, ternyata diklaim selaku salah satu sunscreen agent terbaik saat ini karena proteksinya yang broad spectrum alias bisa menangkal penetrasi UVA maupun UVB pada kulit. Key ingredient ini juga bersifat photostable yang artinya tetap stabil walaupun terkena radiasi seperti cahaya. Keren, ya?





Oh iya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini berjenis chemical sunscreen alasannya semua uv filter di dalamnya itu bahan-materi organik. Kaprikornus memang kemungkinan sunscreen ini nggak ninggalin white cast bila memacu pada kandungan UV filternya.





  • Tocopherol




Jenis vitamin E ini juga ialah materi yang well-known sebab banyak banget dipakai dalam produk skincare maupun makeup. Sama halnya dengan bentuk murni vitamin E, tocopherol juga punya fungsi antioksidan yang mampu melawan imbas radikal bebas.





  • Glycerin




Salah satu bahan yang menyandang predikat master of hydration ini juga terkandung dalam Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Makanya Biore mengklaim produk ini cocok digunakan untuk pemilik kulit wajar kering sebab kemampuannya tersebut.





  • Arginine




Bahan lain dalam formulasi produk ini yang dry-skin—atau  lebih tepatnya dehydrated-skin friendly yakni arginine. Ingredient ini ialah bahan baku kolegen pada kulit. Makanya selain disebut hydrator dan natural moisturizing factor, arginine juga bisa diandalkan dalam mempercepat penyembuhan luka.





  • Sodium Hyaluronate




Masih ingat jika Biore dengan terang-terangan menyebutkan sunscreen ini punya kandungan hyaluronic acid? Benar, sodium hyaluronate ialah bentuk garam dari hyaluronic acid yang bersifat lebih stabil, mudah diformulasikan, dan affordable dibadingkan bentuk murni hyaluronic acid.





  • Royal Jelly




Highlight ingredient lain yang berdasarkan Biore penting disamping hyaluronic acid ialah royal jelly. Bahan alami yang diambil dari hasil sekresi lebah madu ini konon mampu meminimalkan inflamasi pada kulit dan bersifat antibakteri. Bukan itu saja, ada juga yang menyebutkan bahwa royal jelly mampu berkhasiat untuk mengurangi penuaan kulit.





Sayangnya, belum banyak penelitian ilmiah yang bisa menandakan khasiat royal jelly untuk kulit tersebut. Kaprikornus manfaat royal jelly untuk kulit semestinya nggak usah terlalu kita andalkan apalagi dulu.





Impresi





Kalau diliat dari spesifikasi yang diklaim sama Biore, keliatannya sunscreen ini bakal punya impresi nyata buat aku yang punya jenis kulit variasi berminyak. Soalnya keperluan kulit aku ini yakni produk yang nggak terasa berat, gampang meresap dan mudah mengering ketika akhir diaplikasikan. Kalau begitu, cari tahu sendiri yuk!





Tekstur





eview biore aqua rich watery essence_tekstur




Dari segi tekstur memang produk ini nggak se-dense produk chemical sunscreen yang pernah saya coba sebelumnya. Saya bahkan ngerasa teksturnya condong gel-cream, makanya mudah banget diratakan dan dibaurkan ke kulit.





Aroma





Biore sendiri nyebutin di klaimnya jika UV Aqua Rich Watery Essence ini punya aroma white muguet atau Lily of The Valley.





Jujur, aku nggak tau bagaimana tepatnya aroma tanaman tersebut, jadi saya belum mampu oke dengan klaim Biore soal aroma. Tapi yang niscaya, aroma sunscreen ini nggak terasa fake di hidung aku, malah cenderung lembut dan nggak ganggu.





Warna





Kalau aku amati dari ingredients list, memang nggak ada bahan yang masuk klasifikasi colorant pada sunscreen ini. Dan ketika saya lihat sendiri dari warna produk yang keluar dari botol pun, nggak ada warna asing selain warna sunscreen yang slightly yellowish, yang menurut aku normal buat produk-produk bertekstur mirip ini. Makara, bisa dibilang klaim Biore wacana produk yang nggak ditambahin pewarna itu benar adanya.





Aplikasi





eview biore aqua rich watery essence_tekstur 2




Satu hal yang paling saya acungi jempol dari Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini yakni teksturnya yang gampang meresap. Kalau umumnya produk sunscreen butuh waktu at least 20 menit buat nge-set, sunscreen Biore ini cuma makan waktu 5-10 menit di kulit saya. Kecepatan nge-set ini tentu sungguh berkhasiat buat menghemat waktu terlebih kalau jadwal lagi super padat.





Selain teksturnya yang mudah meresap dan mudah dibaurkan, Biore UV Aqua Watery Essence juga nggak terasa heavy buat saya ketika pertama kali diaplikasikan. Pokoknya, saya baiklah dengan klaim Biore yang bilang jika sunscreen ini ringan.





Bukan itu saja, umumnya produk sunscreen yang aku gunakan ngasih glowy after effect yang tidak mengecewakan jelas—almost greasy, tetapi Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini nggak begitu bikin muka glowing berlebihan. Dan pastinya, no whitecast.





eview biore aqua rich watery essence_aplikasi




Bisa dilihat sendiri dari foto, aku bahkan nggak memperoleh perbedaan siginifikan antara bab muka yang bare sama bab yang pakai sunscreen. Cuma bab kening aja yang keliatan lebih glowing sedikit, yang berarti memang produk udah bikin lapisan pelindung di permukaan kulit.





Performa dan Daya Tahan





eview biore aqua rich watery essence_performa




Sejujurnya aku berharap banyak dari Biore UV Aqua Rich Watery Essece ini mengingat ia sangat digandrungi dan disebut-sebut sebagai salah satu sunscreen terbaik beberapa tahun terakhir kebelakang di Indonesia. Apalagi setelah aku membaca klaim yang disuguhkan Biore soal produk ini, benar-benar menggiurkan bagi saya yang mencari sunscreen nyaman, ringan, waterproof dan nggak berminyak.





Oke, mari dimulai dengan klaim pertama bahwa produk dapat menghalangi kulit terasa kering. Kebetulan karena kulit saya termasuk yang kombinasi; area T-Zone berminyak dan area lain condong normal, aku mampu mencicipi dengan terperinci bahwa klaim ini berfungsi dengan baik di area kulit saya yang normal, contohnya pipi. Area ini senantiasa terasa basah tanpa ada sensasi kering terlebih ketarik selama aku pakai produk.





Sebenarnya, ada area di T-Zone saya yang tengah mengelupas final-ahir ini, adalah hidung bagian bawah. Namun selama penggunaan Biore UV Aqua Rich Watery Essence, pengelupasan pada area tersebut nggak malah diperjelas. Sebaliknya, sunscreen mampu 'merendam' sel-sel kulit mati tersebut dengan baik, sehingga tampilan kulit mengelupas jadi minimal.





Performa ini juga menunjang klaim kedua Biore yang bilang bahwa sunscreen mengandung materi-materi pelembab. Kalau dilihat dari ingredients list pun bahan-materi seperti hyaluronic acid (dalam bentuk sodium hyaluronate), royal jelly, arginine, dan tocopherol memang tampak menunjang fungsi ini. Makanya area kulit saya yang wajar dan mengelupas, nggak malah jadi kering dan kekurangan cairan tubuh.





Next, untuk klaim waterproof dari produk yang katanya udah dibuktikan dengan uji water resistance selama 80 menit, harus aku katakan bahwa klaim ini nggak begitu merepresentasikan kemampuan water resistance-nya secara practical.





Soalnya selama aku pakai sunscreen dari pukul 10.00 hingga penghujung hari, saya dengan terang mampu mencicipi bahwa sunscreen benar-benar luntur sehabis saya berwudhu 2 kali. Jadi waktu saya mencoba menyentuh wajah pada sore menjelang malam, wajah aku telah nggak begitu licin lagi, yang artinya semua produk yang saya pakai di wajah telah luntur tergolong sunscreen ini.





Meskipun begitu, bagi saya kemampuan Biore UV Aqua Rich Watery Essence buat bertahan dikulit meski terkena air is way better dibandingkan sunscreen lain tanpa klaim waterproof yang pernah saya coba. Soalnya sunscreen tersebut cenderung mudah luntur bahkan dari pertama kali aku berwudhu. So, well done, Biore!





Sebagai orang yang punya info soal pori-pori, terutama di bab T-Zone dan sedikit area pipi, saya juga nggak ngerasa sunscreen Biore ini bikin clogged pores di muka, sesudah aku pakai selama 2 hari berturut-turut.





Jerawat yang saya punya pun nggak malah jadi makin parah keadaannya. Sehingga klaim non-comedogenic dan acne prevention cukup works di kulit aku.





Bukan hanya nggak nimbulin clogged pores dan nggak memperparah acne, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini juga nggak mengakibatkan reaksi alergi apapun di kulit aku. Sebab selama dipakai, saya nggak ngerasa kulit jadi panas, tingling sensation, gatal ataupun jadi kemerahan. Malah sunscreen nggak membuatmuka saya jadi gosong karena paparan sinar matahari. Sunscreen juga tetap terasa lightweight dari awal pemakaian hingga dikala sunscreen mulai fade dari kulit.





Dan satu lagi, alasannya adalah saya juga punya dilema sebum production di area T-Zone, luckily, sunscreen nggak bikin minyak di T-Zone aku jadi overproduced. Wajah saya jadi nggak kayak kilang minyak selama pemakaian, terlepas dari sedikit efek glowy yang dikasi sunscreen.





Secara keseluruhan, aku menganggap produk ini punya peforma yang cukup aktual untuk kulit saya. Tapi ingat ya, hasil ini bisa berbeda-beda di tiap orang, mengenang setiap orang punya huruf dan kondisi kulit berlawanan.





Tips dan Trik





Ketika pakai sunscreen, jangan tidak yakin untuk pakai dalam jumlah yang cukup ya. Jumlah yang cukup sendiri maksudnya yaitu jumlah yang bisa menutupi semua permukaan kulit yang terpapar matahari.





Kamu juga perlu menambah extra layer buat area-area paras yang mencolokkayak hidung dan jidat, alasannya adalah area ini paling rentan gosong kalau terlalu usang terekspos matahari. Cara memakai sunscreen yang tepat juga bisa kau baca di sini.





Harga dan Tempat Pembelian





eview biore aqua rich watery essence_fun fact





Cek harga di Shopee






Cek harga di Lazada





Sunscreen ini telah banyak beredar di Indonesia dan kamu nggak akan kesusahan menemukannya, terutama online. Kalau dari harga, mungkin produk ini tergolong yang ‘a bit pricy but worthy’ buat orang Indonesia, karena dibanderol seharga Rp90.000-Rp120.000 untuk sunscreen berskala 50g.





Kesimpulan





eview biore aqua rich watery essence_2




Sunscreen dari Biore ini cukup friendly dengan jenis kulit aku yang variasi berminyak. Selain itu, banyak juga kemampuan sunscreen yang berdasarkan saja mengakibatkan nilainya seimbang dengan harganya.







Pros





  • Praktis nge-set dan ringan
  • No whitecast
  • Tanpa bahan pewarna tambahan
  • Melembabkan area kulit yang kering
  • Ngasih glowy effect yang nggak berlebihan dan nggak greasy
  • Nggak bikin wajah terlalu berminyak
  • Nggak membuatbreakout atau bisul di kulit aku






Cons





  • Nggak begitu waterproof, tapi lebih baik dibandingkan sunscreen tanpa klaim waterproof
  • Masih ada kandungan fragrance, walau nggak menganggu dari segi aroma






Itulah sedikit banyak pengalaman yang saya punya selama pemakaian Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Sampai kini, kulit aku belum menunjukan reaksi negatif apapun selama pakai produk ini. Makanya aku akan habiskan produk ini apalagi dulu sebelum pindah ke produk sunscreen lain.





Nah, apakah kamu punya pengalaman yang nggak kalah menawan selama pakai Biore UV Skin Aqua Rich Watery Essence? Jangan ragu untuk berbagi dnegan pembaca lain di kolom komentar, ya! Kamini juga punya anjuran sunscreen lain yang mampu kamu jadikan acuan, lho. Ada sunscreen untuk kulit berminyak, kulit kering, acne-prone, sampai kulit sensitif.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel