Review Maybelline Fit Me! Concealer, Hasil yang Tahan Lama

Senang sekali rasanya bisa mengulas salah satu produk Maybelline yang masuk dalam line Fit Me! Collection. Setelah masuk ke Indonesia pada September 2016 silam, line produk kompleksi ini kini telah cukup banyak menambahkan shade-nya.


Walaupun bila daripada produk yang beredar di pasaran Amerika Serikat, shades Maybeline Fit Me! Collection di Indonesia sendiri masih sedikit. Tapi setidaknya, shade-shade yang dikeluarkan memang cocok dipakai untuk kulit orang Indonesia.


Kalau aku baca ulasan-ulasan ihwal produk ini sih, lumayan banyak yang menanggapi kasatmata. Tapi tak puas rasanya jika tak merasakan sendiri, bukan? Karena itulah aku akan review Maybelline Fit Me! Concealer ini secara pribadi. Would this product fit on me? Let us see.


Tentang Produk


review maybelline fit me concealer 2 (Copy)


Sedikit susah mencari klaim yang diberikan Maybelline pada produk ini bila cuma dibaca dari bungkus. Makanya saya coba mengunjungi official website Maybelline, dan balasannya inilah beberapa informasi penting yang aku mampu tentang Maybelline Fit Me! Concealer.



  • Jenis: Liquid concealer

  • Ukuran: 6 mL

  • Benefit: Menyamarkan ketidaksempurnaan pada kompleksi

  • Cara pemakaian:

    • Tutulkan concealer pada area yang tidak tepat atau di bawah mata

    • Tepuk dengan jari untuk meratakan



  • Shade: Medium (25)

  • Jumlah Varian: 5 shades + 4 shades gres

  • Klaim : Concealer dengan coverage tinggi dan hasil natural untuk performa fresh, namun dengan formulasi ringan yang tetap menciptakan kulit mampu bernafas.

    1. Kulit terlihat sempurna dengan concealer cair yang memiliki coverage natural

    2. Concealer bebas minyak ini dapat menyembunyikan kemerahan, ketidaksempurnaan, dan blemish

    3. Shade dari concealer untuk aneka macam warna kulit

    4. Telah teruji secara dermatologist dan opthamologist

    5. Concealer non-comedogenic dan bebas pewangi




Untuk klaim di atas bergotong-royong merujuk pada official situs web Maybelline internasional, makanya diklaim shade dari concealer beraneka ragam sesuai dengan aneka macam skin tone. Tetapi di Indonesia sendiri, shade dari Maybelline Fit Me! Concealer ini baru terdiri dari 9 shade yang mana 4 di antaranya baru diperkenalkan oleh Maybelline. Sembilan Varian Maybelline Fit Me! Concealer di Indonesia adalah selaku berikut.



  1. Caramel (40)

  2. Honey (30)

  3. Ivory (5)

  4. Deep (35)

  5. Fair (15)

  6. Light (10)

  7. Medium (25)

  8. Sand (20)

  9. Cafe (50)


Sebelum mengulas produk ini, aku akan memaparkan sedikit gosip perihal brand yang menjadi official makeup sponsor untuk New York Fashion Week semenjak tahun 2010 ini.


Kalau dicermati, dibawah nama Maybelline terdapat kata “New York” yang memang menerangkan darimana brand ini berasal. Berawal dari industri rumahan, Maybelline ternyata bisa jadi merk Make Up #1 di Amerika. Akan namun selain mengalami jatuh bagun, pada tahun 1996, Maybelline diakuisisi oleh L’Oreal. Makanya kalau kamu lihat pada bungkus-kemasan produk Maybelline akan ada goresan pena “Distributed by PT. L’Oreal".


Maybelline juga kini telah diketahui di lebih dari 100 negara yang punya misi untuk memperlihatkan kosmetik inovatif, mudah didapat, dan mudah dipakai bagi seluruh perempuan. Inspirasi Maybelline ialah performa dengan daya tarik dan energi kota New York. Dimulai dari street mode sampai mode catwalk-nya. Menarik, bukan?


Fun Fact


Pernah mendatangi website Maybelline? Kalau belum kamu harus mengunjunginya untuk menjajal virtual try on. Layanan ini ditawarkan Maybelline untuk kau yang ingin menjajal produk-produk makeup Maybelline namun malas untuk pergi ke counter. Kamu dapat memakai virtual try on untuk memilih shade produk-produk mata, bibir, dan tampang.


Selain itu, kamu juga mampu memakai layanan ini untuk menjajal performa makeup gres yang dirilis oleh Maybelline. Seru banget! Kamu cuma perlu memakai live camera ataupun meng-upload foto wajahmu untuk menggunakan layanan ini. Tetapi, jangan lupa membaca ketentuannya terlebih dulu, ya!


Kemasan


Review maybelline fit me concealer 1 (Copy)


Maybelline Fit Me! Concealer hadir dalam tube balok panjang yang ramping dengan material all-plastic yang reflektif. Tapi plastik yang dipakai tidak rapuh kok terlebih ringkih. Cukup tebal dan berpengaruh untuk memuat liquid di dalamnya. Concealer ini juga hadir tanpa box luar, jadi semua informasi dituliskan di bab badan maupun cap produk.


Contohnya ingredients list dicetak pada salah satu segi tubuh produk, sementara nomer shades ditaruh pada cap dan bagian dasar tubuh. Badan produk sendiri dibuat transparan, sehingga mampu memperlihatkan warna dari concealer. Cukup berbeda dengan cap-nya yang diwarnai hitam.


review maybelline fit me concealer 003 (Copy)


Di dalam cap sudah tertempel doe-foot applicator yang seperti-mirip produk lip cream. Tidak terlalu besar, tetapi tetap terasa soft ketika disentuh kulit. Aplikator ini menurut saya condong lebih bersih dibandingkan concealer dengan semi-needle applicator atau concealer stick. Sebab, mudah untuk dibersihkan dan dicuci khususnya era paras sedang berjerawat.


Bahan-Bahan Concealer


Review maybelline fit me concealer 1 (Copy)


Full Ingredients


Water (Aqua), Cyclopentasiloxane, Hydrogenated Polyisobutene, Glycerin, Sorbitan Isostearate, Propylene Glycol, Titanium Dioxide, Ozokerite, Phenoxyethanol, Magnesium Sulfate, Disteardimonium Hectorite, Disodium Stearoyl Glutamate, Methylparaben, Acrylates Crosspolymer, Alumina, Butylparaben, Aluminum Hydroxide, Tocopherol, Silica, Chamomilla Recutita (Matricaria Flower Extract).


Key Ingredients


Dari sekian banyak bahan-bahan yang menyusun produk berskala 6 mL ini, ternyata ada beberapa bahan utama yang berperan penting dalam menunjang mutu Maybelline Fit Me! Concealer ini. Berikut ialah bahan-bahan utama yang dimaksud.



  • Hydrogenated Polyisobutene


Poliisobutena terhidrogenasi bertindak selaku pelumas pada permukaan kulit. Pelumas ini menunjukkan kulit tampilan yang tampak lembut dan halus.



  • Glycerin


Gliserin sendiri ialah humectant, atau sejenis biro pelembab yang berfungsi menarik air pada lapisan terluar kulit dari lapisan kulit yang lebih dalam serta dari udara luar. Inilah mengapa humectant dapat menyebabkan kulit terasa lembab



  • Titanium Dioxide


Bahan yang satu ini umumnya dipakai sebagai anti-UV ingredients pada kosmetik. Titanium dioksida juga disebut-sebut tidak rawan saat dipakai oleh kulit sensitif sekalipun.



  • Alumina


Nah, buat kau yang penasaran apakah Maybelline Fit Me! Concealer akan terasa cakey atau tidak, kau mungkin akan sedikit bernafas lega jikalau menyaksikan Alumina dalam ingredients list. Pasalnya, materi ini merupakan anti-caking agent, yang akan mencegah timbulnya penampilan cakey pada base makeup yang digunakan.



  • Tocopherol dan Chamomilla Recutita


Kedua materi ini bahwasanya berlainan, tetapi mempunyai fungsi yang serupa dalam kosmetik. Tocoferol sendiri dilaporkan dapat berfungsi selaku antioksidan atau bahan pelembab. Sementara Chamomilla Recutita yang pastinya diesktrak dari tumbuhan chamomile ini juga dapat menjadi agen pelembab yang bagus dalam produk kosmetik.


Impresi


Setelah berkenalan sejenak dengan produk mungil ini, saatnya saya menjajal dan berbagi pengalaman mengenai Maybelline Fit Me! Concealer shade Medium (25) ini. Simak ya!


Tekstur


review maybelline fit me concealer 7 (Copy)


Sebenarnya saya sedikit deg-degan dengan klaim jika concealer ini oil-free. Dan memang jikalau dilihat dari ingredients list, aqua alias air ada pada urutan pertama. Kenapa saya deg-degan? alasannya setahu saya, watery consistency tidak begitu manis untuk ukuran base makeup.


Tapi, dikala saya mengulaskan produk ini, ternyata teksturnya mantap. Not too thick tapi juga not too watery. Jadi berdasarkan aku, cukup pas untuk ukuran concealer. Bisa dikatakan konsistensi produk ini berada di rentang semi-gel. Dan ternyata setelah mencari gosip sana-sini, concealer Fit Me! dari Maybelline ini merupakan gel-based concealer pertama yang diperkenalkan oleh Maybeline. Keren!


Concealer ini juga tidak sulit diulas terlebih di-blend. Hanya saja memang doi memerlukan waktu untuk kering, tidak immediately kering. Tapi—tidak persoalan. Malah karakteristik ini yang membuatdoi mudah untuk di-build pada area tertentu, misalnya pada bekas abses atau noda hitam hiperpigmentasi.


Swatch


review maybelline fit me concealer 9 (Copy)


Untuk warna, saya menyesal tidak in-depth research apalagi dulu. Jadinya, doesn’t fit with my skintone nor my undertone. Sayang sekali. Awal-nya sih tak begitu mengganggu, alasannya lumayan mampu di-blend. Tapi lama-lama kok warnanya jadi shifting dari netral ke pinkish. Padahal warna kulit aku medium dengan warm undertone.


Tapi, dikala rekan saya yang undertone-nya cool nyobain produk ini, nge-blend lebih baik daripada di kulit saya. Cuma memang akibatnya warnanya sama-sama shifting jadi semakin pinkish. Tapi bila buat temen aku ini, fine aja sih berhubung masuk sama undertone beliau.


Saya awalnya menerka shade medium cocok untuk undertone kuning, alasannya adalah di situs web-nya tidak kelihatan ada hint pink sama sekali. Tapi ternyata jauh dari perkiraan. Anyway, saya juga baru tahu bila Maybelline meyediakan kuis online di situs web resminya buat nentuin shade yang tepat dengan undertone maupun skintone kalian.


Dan ternyata, setelah saya ikutan kuis tersebut, saya semestinya menentukan shades Sand (20), Honey (30) atau Light (10). Tidak ada opsi Medium (25) sama sekali. Sayangnya, saya ikutan kuis ini setelah produknya sudah di tangan aku. Nasib.


Kalau kau ingin beli Maybelline Fit Me! Concealer ataupun Foundation semestinya kamu juga ikut kuisnya apalagi dahulu di sini untuk memperoleh warna yang cocok.


Terus dalam problem coverage, concealer ini berada di range medium sih berdasarkan saya. Cocok banget buat cover dark circle yang tidak begitu gelap, noda kemerahan, sama noda hitam ringan. Sedangkan untuk cover jerawat sama luka bekas bengkak masih kurang powerful. Harus build beberapa kali sampai betul-betul tertutupi.


Namun alasannya formulasinya ringan, jadi tidak persoalan kok kalau mau di-build. Saya sendiri hanya tahan 2 kali build pada noda-noda bekas infeksi. Alhasil ada yang ter-cover ada juga yang masih kelihatan. Makara klaim yang dipaparkan Maybelline soal high coverage dari concealer ini tidak sepenuhnya sukses jika pada tampang aku. Tapi mesti aku akui concealer ini menunjukkan performa natural finish, yang mana sangat aku suka. Well done, Maybelline!


Aroma


Untuk aroma, sesuai dengan klaimya, produk ini tidak ada parfum ajaib-abnormal selain bau base makeup pada umumnya. Kaprikornus mampu dibilang concealer ini fragrance free. Sehingga buat kamu yang mengakibatkan kandungan pewangi sebagai issue of concern, sepertinya tidak perlu khawatir dalam memakai concealer Fit Me! dari Maybelline.


Performa


review maybelline fit me concealer 01 (Copy)


Sebelumnya sempat aku bilang, kalau semakin usang concealer ini warnanya shifting menjadi pinkish. Ini alasannya produk teroksidasi. Makanya pigmen warnanya berubah. Saya cukup kaget dengan karenanya, sih. Belum lagi dengan waktu oxidize-nya pun relatif cepat, sayang sekali. Belum sejam digunakan, warnanya telah shifting. Saya tidak tahu apakah ini terjadi hanya pada shade medium(25) atau terjadi pada shades lainnya.


Saya pernah mencoba shade Honey (30), oksidasinya terhitung relatif lambat. Malah makin menyatu dengan warna kulit. Makara berdasarkan aku, sebelum menetapkan untuk menentukan shade, seharusnya riset dulu deh warna apa aja yang kira-kira cocok untuk kulitmu tergolong bila produk teroksidasi.


Untuk ketahanan memang tidak 100%, tetapi digunakan 7-8 jam tanpa basuhan air masih oke. Sedangkan jikalau terkena basuhan air sekitar 5 jam telah banyak yang hilang. Kamu bisa menyaksikan dari foto di atas, produk mulai menghilang terutama pada area di bawah under lash line aku. Bisa dilihat warna gelap kembali timbul dilengkapi dengan garis halus yang juga kembali menonjol.


Yap, concealer ini ternyata sedikit bikin creasing jikalau sering terkena air. Kaprikornus seharusnya sesudah muka terkena air atau keringat, kau touch-up lagi deh agar kompleksimu stay on-fleek.


review maybelline fit me concealer 005 (Copy)


Bekas abses di dagu juga terlihat kembali setelah pemakaian jam ke-5. Apalagi kini-sekarang mesti pake masker, jadi jangan berharap deh concealer ini bisa stay sepanjang hari di wajah. Pokoknya kau wajib touch-up bila ingin selalu tampakmaksimal.


Menariknya, concealer ini tidak bikin kulit cakey sampai simpulan-final concealer stay di wajah. Selama pemakaian, aku juga sama sekali tidak merasakan adanya kelebihan minyak pada area-area yang tertutup concealer. Tak terkecuali pada area T-Zone yang paling banyak memproduksi minyak pada kulit saya.


Tips


Saya sepertinya sedikit terbantu dengan pemakaian pelembab terlebih dahulu dalam meminimalisir keunggulan minyak dan penampilan cakey. Jadi aku sarankan untuk selalu memakai pelembab favorit kalian apalagi dulu sebelum mengaplikasikan concealer.


Hindari pula menggosok concealer ketika meratakannya, cukup tepuk-tepuk ringan sampai warna concealer menyatu dengan warna kulit. Bahkan lebih baik lagi memakai pertolongan spons atau beauty blender dalam meratakan concealer.


Kebetulan karena saya mempunyai bekas-bekas jerawat yang perlu di-cover di area dagu, selama pemakaian concealer, dagu saya tidak terasa berminyak ataupun kering. Saya juga sudah memakai concealer ini selama 3 hari dan kulit saya masih baik-baik saja, tidak menunjukkan tanda-tanda hadirnya infeksi. Makara bisa disimpulkan, klaim Maybelline soal concealer yang oil-free dan non-comedogenic works di kulit saya.


Harga



Cek Harga di Lazada


Maybelline Fit Me! Concealer dibanderol dengan harga Rp. 109.000,- di official website-nya. Tetapi kau bisa mendapatkan harga yang lebih berkompetisi dengan harga official-nya jika membeli di toko-toko online. Karena produk ini disebut-sebut selaku 'produk sejuta umat' jadi memang tidak sukar untuk dicari. Hanya saja, beberapa shade sangat diminati perempuan Indonesia sehingga cepat sekali habis.


Kesimpulan


Review maybelline fit me concealer (Copy)


Kaprikornus menurut aku, Maybelline Fit Me! Concealer ini cukup cantik untuk kamu yang ingin menutupi ketidaksempurnaan pada tampang dengan tampilan natural. Saya rasa produk ini juga bisa digunakan oleh jenis kulit apapun termasuk kulit sensitif.


Saya juga sempat mendengar jika concealer ini sempurna untuk dipilih bagi kau yang ingin mencar ilmu ber-makeup pertama kali. Jujur sebab aku lebih senang makeup natural, saya mungkin bakal repurchase produk ini. Tentu saja dengan shade yang sekiranya sesuai dengan undertone maupun skin tone aku.


Pros



  1. Fragrance free

  2. Penggunaan doe-foot applicator condong lebih bersih alasannya mudah dibersihkan

  3. Tidak bikin cakey

  4. Ketahanan 7-8 jam tanpa basuhan air, dan sekitar 5 jam bila terkena keringat dan basuhan air

  5. Klaim oil-free dan non-comedogenic bekerja baik di kulit aku

  6. Hasil tampaknatural

  7. Praktis di-blend dan di-build


Cons



  1. Shade Medium (25) teroksidasi relatif cepat, sehingga harus hati-hati dalam memilih shade

  2. Sedikit creasing kalau sering terkena air dan keringat, jadi sebaiknya touch-up untuk tampilan senantiasa optimal

  3. Kurang powerful menutupi bekas nanah, namun mampu di-build beberapa kali biar makin tersamarkan


Gimana? Apakah pengalaman saya menggunakan Maybelline Fit Me! Concealer mirip dengan pengalamanmu? Atau kamu pertanda pengalaman yang berlawanan? Jangan ragu untuk menyebarkan di kolom komentar ya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel