Review Emina Creamy Tint, Lip Tint, Tekstur Creamy yang Unik

I am not a tint person. Selama menggunakan perona bibir aku tidak pernah memilih lip tint selaku opsi. Pertama, alasannya adalah warna bibir saya yang tidak merata menciptakan lip tint kadang-kadang memperparah tampilan tersebut. Kedua, susah bagi saya untuk memilih shade lip tint yang match dengan skintone. Dan ketiga, tekstur lip tint yang rata-rata watery sering menciptakan bibir saya patchy.


Inilah keresahan yang selalu aku alami tiap kali dihadapkan dengan produk lip tint. Walau bantu-membantu, penggunaan lip tint untuk bibir hitam dan tidak merata sendiri bisa diakali, namun saya tidak begitu kesengsem untuk mencobanya sehingga memilih untuk menggunakan lipstik saja.


Namun, pada tahun 2019 saya mendengar bahwa merk Emina memproduksi produk lip tint yang unik berjulukan Creamy Tint. Mendengar nama tersebut aku sudah mampu menebak bahwa produk ini tidak akan mirip lip tint kebanyakan. Dan sehabis aku coba menggunakannya, benar saja, lip tint ini cukup unik bagi aku. Penasaran bagaimana pengalaman aku dalam menggunakan Emina Creamy Tint? Simak terus pemaparan berikutnya!


Tentang Produk


Review Emina Creamy Tint_2 (Copy)


Pada tanggal 1 September 2019, Emina merilis bocoran untuk para penggemar melalui official akun sosial medianya tentang produk yang disebut sebagai ‘something tinted and creamy’, dengan video singkat menggambarkan produk cairan berwarna dibungkus dalam botol cute dengan aplikator.


Banyak penggemar pribadi menebak produk apa yang dimaksud. Benar saja, esoknya, dan masih melalui akun sosial medianya, sister brand dari Wardah ini memperkenalkan Creamy Tint yakni produk lip tint yang creamy dengan 5 shade yang mampu dipilih.


Ada Brick Town (01) dengan warna merah bata hangat, Peach Crush (02) warna peach yang terang, Sunbeam (03) dengan warna utama oranye, Wild Berry (04) dengan perpaduan warna pink keunguan, Cherry Soda (05) dengan warna dasar merah jelas.


Klaim dan Benefit


Emina Creamy Tint diklaim sebagai Lip tint bertekstur creamy yang lembut di bibir dengan warna intens sejak olesan pertama. Mengandung avocado oil yang melembabkan, sehingga menunjukkan hasil matte tahan lama tanpa membuat bibir kering. Formulanya juga disebut-sebut lembut dan ringan. Menjadikan bibir mirip tidak menggunakan apapun.


Tak berhenti hingga di situ, Emina juga menyatakan bahwa produk ini tidak lengket dan terasa tenteram sekali jika digunakan sepanjang hari karena mengandung 3 kombinasi oil yang mampu tahan hingga 8 jam.


Dari klaim yang disebutkan tersebut kedengarannya produk ini akan cocok dengan kondisi bibir saya yang memiliki problem ketidakmerataan warna dan kering. Tapi pastinya saya tidak mau eksklusif percaya begitu saja. Karena itu saya mencoba membuktikan sendiri kebenaran dari klaim yang ditawarkan oleh Emina perihal Creamy Tint ini.


Cara Pemakaian


Karena diklaim selaku lip tint, mulanya aku percaya bahwa penggunakan produk ini sama mirip penggunaan lip tint pada umumnya. Namun, nyatata cara tersebut tidak begitu bekerja dengan baik di bibir aku. Akhirnya aku memutuskan untuk mengaplikasikannya seperti mengaplikasikan lip cream, and oddly, it works well!



  1. Buka tutup aplikator

  2. Ulaskan pada bibir secara merata sampai seluruh area bibir tertutupi warna lip tint

  3. Tak perlu mengatupkan kedua bibir ya bila kamu tidak mau produk menjadi patchy di bibir


Kemasan


Review Emina Creamy Tint_Box luar (Copy)


Bukan Emina namanya jika tidak mendatangkan produk dengan kemasan yang fun, cheerful, dan cute. Sama mirip produk Emina yang lain, Creamy Tint dibungkus dalam desain yang tak kalah menggemaskan dengan rincian box luar bergambar sesuatu yang merepresentasikan isi di dalamnya.


Karena shade Emina Creamy Tint yang aku ulas ini yakni Brick Town (01) terdapat rincian animasi gambar kerikil bata pada box luar produk dengan base warna putih dan tentu saja, warna yang merepresentasikan shade lip tint.


Di dalam box terdapat suatu tabung mungil dengan panjang cuma 7,2 cm. Diameter tabung bahkan tidak sampai 2 cm. Ukuran ini sangat pouch-loving dan tidak akan memakan banyak daerah. Wajar sih, mengingat produk lip tint yang beredar di pasaran juga sungguh travel friendly.


Emina menyebutkan bahwa netto dari Creamy Tint ini yakni 3,6 g. Saya percaya berat ini dipengaruhi oleh material kaca yang digunakan pada tubuh tabung sehingga susah untuk mengenali volume higienis dari liquid yang terdapat di dalamnya.


Walau badan tabung terbuat dari kaca, cap tabung sendiri terbuat dari plastik yang tetap kokoh dan tebal. Base warna dari tabung sendiri yakni peach dan light, berbeda dengan warna box luar yang darker alasannya merepresentasikan warna merah bata.


Aplikator


Review Emina Creamy Tint_Aplikator (Copy)


Pada bagian cap telah tertempel aplikator yang awalnya aku kita berupa doe-foot. Namun, bila diperhatikan lagi, aplikator ini berbentuk reservoir tip yang fluffy dan precise.


Emina menyebut bentuk aplikator ini sebagai water drop. Jenis apliktor seperti ini memang sangat bagus menampung banyak produk hanya dalam satu kali celup kalau dibandingkan dengan aplikator doe-foot.  Pokoknya, tidak ada yang tidak menggemaskan dari kemasan Emina Creamy Tint ini.


Ingredients


Review Emina Creamy Tint_Ingredients (Copy)


Full Ingredients


Cyclopentasiloxane, Isododecane, Hydrogenated Polyisobutene, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Diisostearyl Malate, Dimethicone Crosspolymer, Ethyl Macadamiate, Polyethylene, Jojoba Esters, Caprylyl Methicone, Hydrogenated Polydecene, Isohexadecane, Ethylene/Propylene/Styrene Copolymer, Disteardimonium Hectorite, Phenoxyethanol, Helianthus Annuus Seed Extract, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Propylene Carbonate, Synthetic Fluorphlogopite, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Alumina, Acacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Butylene/Ethylene/Styrene Copolymer, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Propylene Glycol, Honey Extract, Aqua, Fragrance, Glycerine, Glycine Soja (Soybean) Oil, BHT, Bisabolol, Citric Acid, Isobornyl Acetate, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Calendula Officinalis Flower Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Fucus Vesiculosus Extract, Triticum Vulgare (Wheat) Bran Extract, Linoleic Acid, Tocopherol, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane.


Key Ingredients


Saya tidak menduga produk semungil ini memiliki formulasi yang cukup rumit sebab melibatkan aneka macam materi. Meski begitu, terdapat lumayan banyak juga materi yang menjadi key ingredients dari lip tint. Berikut yaitu 14 materi utama yang menunjang manfaat Emina Creamy Tint.



  • Helianthus Annuus Seed Extract. Merupakan ekstra biji bunga matahari yang sangat berfaedah dalam menawarkan hidrasi dan bertindak sebagai antioksidan

  • Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil. Minyak jojoba yang berfungsi dalam skin healing dan mengatur kerusakan pada kulit bibir

  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol. Bentuk lain vitamin E yang berguna dalam melembabkan, menangkal flaking, serta kaya antioksidan

  • Persea Gratissima (Avocado) Oil. Kandungan utama yang diunggulkan Emina sebab bersifat moisturizing. Bahan ini juga kaya akan vitamin E.

  • Acacia Decurrens Flower Wax. Melindungi kulit dengan membentuk lapisan pelindung. Bahan ini juga menyokong fungsi melembabkan dari produk.

  • Macadamia Ternifolia Seed Oil. Berfungsi sebagai oklusif dan mengakibatkan formulasi lip tint terasa lembut.

  • Honey Extract. Melembabkan serta melindungi dari kekeringan dan bibir pecah-pecah.

  • Glycine Soja (Soybean) Oil. Melembutkan dan membuat produk terasa halus dan kaya antioksidan

  • Bisabolol. Mereduksi flaking dan menjaga suppleness dari kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari ancaman lingkungan.

  • Calendula Officinalis Flower Extract yang kaya akan antioksidan dan mampu mendorong penyembuhan luka pada kulit. Sifat ini juga mengantarkannya menjadi skin-conditioning agent.

  • Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract sangat baik digunakan untuk bibir kering alasannya adalah dapat memberikan kelembaban dan menenangkan.

  • Fucus Vesiculosus Extract mampu meningkatan elastisitas kulit, melawan radikal bebas hingga memberikan hidrasi.

  • Triticum Vulgare (Wheat) Bran Extract berfungsi sebagai skin-conditioning sekaligus skin-protecting agent.


Impresi


Apa yang kau bayangkan dikala pertama kali mendengar nama Creamy Tint? Apakah produk lip tint dengan tekstur creamy? Atau produk lip cream dengan pigmentasi tinted mirip lip tint? Nah, saya akan memberitahu produk apa ini dalam penjelasan berikut. Jangan dahulu berhenti, ya.


Tekstur


Review Emina Creamy Tint_Tekstur (Copy)


Bila kebanyakan produk lip tint bertekstur watery karena menggunakan adonan aqua yang lumayan banyak dalam formulasinya, Emina Creamy Tint bertekstur lebih kental dan creamy. Bahkan at some point aku merasa tekstur ini mirip mirip mousse.


Aroma


Walau terdapat fragrance dan essential oil dalam formulasinya, aku tidak mencium aroma apapun selain artificial scent yang kurang dekat dengan hidung. Sangat disayangkan sekali Emina kurang meletakkan effort dalam permasalahan scent dari produk ini.


Swatch


Review Emina Creamy Tint_Swatch (Copy)


Sejak pertama kali melihat isi dalam produk, aku tidak merasa produk ini menyirikan lip tint. Pasalnya, kebanyakan lip tint memiliki warna cairan yang opasitinya rendah alias agak transparan. Saya sama sekali tidak menemukan fakta bahwa Emina Creamy Tint memiliki karakteristik warna lip tint tersebut. Pasalnya, ketika saya coba ulaskan pada tangan, produk ini menghasilkan warna yang vivid.


Sejujurnya, saya bahagia sekaligus kebingungan mendapati fakta ini. Sebab, vivid color akan sangat baik dalam menutupi warna asli bibir. Hal yang menciptakan aku bingung ialah bahwa produk ini diklaim selaku lip tint dengan tekstur creamy, bukan lip cream dengan tinted color. Mengerti kan maksud saya? Hehe.


Kalau bicara soal shade, karena saya sudah melakukan riset terlebih dulu, Brick Town (01) sangat cocok dengan skintone sawo matang saya. Yeay! Warna yang pop up pada bibir ialah warna merah bata dengan hint coklat yang sedikit lebih banyak. Produk ini juga sangat bagus dalam menutupi kelemahan bibir. Bahkan aku cuma perlu menggunakan satu kali aplikasi saja untuk menutupi semua ketidakmerataan warna bibir.


Emina Creamy Tint ini sangat gampang meluncur pada bibir kering saya dan mudah mengering kurang dari 60 detik. Hasil selesai yang disediakan pun cenderung powdery matte yang terasa smooth saat disentuh.


Performa dan Daya Tahan


Review Emina Creamy Tint_Performa (Copy)


Karena diklaim selaku produk lip tint, saya mempunyai ekspektasi tinggi soal tampilan dan daya tahan dari Emina Creamy Tint. Sebab sepanjang wawasan saya, lip tint mempunyai ketahanan yang sangat baik dengan pigmentasi cukup tinggi.


Produk ini pun sesungguhnya telah cukup baik dari segi pigmentasi. Nah, dari sisi longevity, saya cukup terkejut ketika mendapati masih terdapat cukup stain pada bibir saya sesudah pemakaian jam ke-8. Stain yang tertinggal memang tidak optimal, alasannya adalah sebagian besar mulai memperlihatkan warna bibir aku yang tidak merata. Akan namun, bila dilihat dari jauh, saya mirip masih memakai lip tint dengan warna yang sedikit memudar. Menarik sekali!


Bukan itu saja, dikala aku mencoba menggosok produk ini dengan tangan, tidak ada sama sekali warna yang messy. Sebenarnya ada sih, namun sangat sedikit. Produk tidak membuktikan pergantian yang siginifikan sebab smudging. Saya juga tertegun dengan kemampuan Emina Creamy Tint yang tidak begitu terusik dikala terkena basuhan air.


Bila ditanya apakah produk transfer, saya dengan bahagia hati akan menjawab dengan anggukan kepala. Berkali-kali aku memperhatikan gelas yang saya gunakan untuk minum selama pemakaian Emina Creamy Tint ini, namun cuma sedikit saja noda lip tint yang menempel pada gelas. Jujur, ini yakni produk Emina pertama saya yang sungguh long lasting dan powerful.


Selama pemakaian Emina Creamy Tint ini juga saya tidak merasa produk terasa kering yang mengganggu pada bibir. Karena produk cukup mempertahankan kelembaban bibir penggunanya. Saya bahkan tidak cemas sekalipun tidak mengaplikasikan lip balm sebelumnya, alasannya Creamy Tint dari Emina ini tidak accentuated dry patches dan tetap terasa ringan sepanjang pemakaiannya. Cakep deh pokoknya!


Tips dan Trik


Bila kau mempunyai bibir kering dengan warna yang tidak merata, sebaiknya hindari mengaplikasikan produk dari tengah bibir. Mulai dengan lip framing dengan tip aplikator seperti menggunakan lip liner. Setelah itu, barulah isi bagian dalam bibir sampai sarat . Hindari pula mengatupkan kedua bagian bibir untuk menyingkir dari patchy. Tunggu saja beberapa ketika hingga produk mengering. And then, you are ready to go!


Harga dan Tempat Pembelian


Emina Creamy Tint Peach Crush


Cek Harga di Shopee


Cek Harga di Lazada


Bukan Emina namanya jikalau tidak menunjukkan akomodasi pada konsumen untuk menerima produk yang dibuat . Creamy Tint ini saja mampu cukup gampang kamu dapatkan baik di toko kosmetik offline maupun online. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukannya di official store Emina pada situs web E-Commerce. Lip tint ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 33.000 -Rp. 36.000 Cukup affordable, bukan?


Kesimpulan


Review Emina Creamy Tint_1 (Copy)


Lagi-lagi Emina berhasil mengagetkan aku dengan produknya yang unik. Produk lip tint yang diklaim bertekstur creamy ini ternyata mempunyai karakteristik mirip lip cream dibandingkan lip tint kebanyakan. Akan tetapi, bagi saya ini adalah sebuah kelebihan sebab I am not a tint person. Sehingga saya akan sungguh tenteram untuk memakai produk ini dengan warna vivid dan pigmented yang dihidangkan.


Pros



  • Mudah diaplikasikan dan cepat mengering

  • Warnanya vivid dan pigmented

  • Shade Brick Town (01) cocok untuk kulit sawo matang

  • Banyak kandungan materi alami

  • Mudah mengering kurang dari 1 menit

  • Ketahanan 7-8 jam

  • Water-ressistant, transfer-proof, dan smudge-proof

  • Tidak memperjelas dry patches

  • Mempertahankan kelembaban

  • Ringan


Cons



  • Karakteristik cenderung seperti lip cream dibandingkan lip tint

  • Aromanya terlalu artificial


Sekian ulasan aku mengenai Emina Creamy Tint. Apakah kau memiliki pengalaman serupa sesudah menggunakan produk ini? Bila kamu sedang dalam petualangan mencari produk perona bibir, saya menyarankan agar kamu juga mencoba Emina Creamy Tint dan mencicipi keunikannya. Jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar, ya. Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel